Browser Terbaik untuk Ponsel Android

Pernahkah sobat bloggers berselancar di internet lalu kemudian merasa kurang nyaman dengan kinerja browser yang sedang sobat gunakan?

Bagi pengguna perangkat gadget atau telepon pintar (smartphone) dengan sistem operasi berbasis Android, sejumlah catatan dari Jack Wallen di situs teknologi Techrepublic mungkin bisa dipertimbangkan.

Kolumnis spesialis produk gadget itu membeberkan sejumlah alternatif browser yang direkomendasikan dan tentunya sangat cocok digunakan pada produk gadget berbasis Android.

Pengguna smartphone juga dapat mengukur apakah mereka ingin mengubah browser bawaan dengan browser lain yang dianggap jauh lebih nyaman dan sesuai.

Dia menguji browser built-in (bawaan) dari Android, browser Firefox, Dolphin for Pad, Skyfire Web Browser 4.0 dan juga Opera Mobile web browser.

Sebenarnya ada pula browser Google Chrome. Browser Google itu, menurut Wallen, sebenarnya sungguh hebat, namun karena pada umumnya tak bisa digunakan di Android, maka dia tak menguji browser ini. Chrome hanya bisa digunakan untuk ponsel Android seri 4.0 ke atas.


Adapun kriteria yang digunakan adalah kecepatan pada waktu membuka sebuah aplikasi, kecepatan membuka halaman, kemudahan penggunaan serta tampilan antarmuka (interface). Untuk masing-masing kriteria, Wallen memasang skor selanjutnya skor rata-rata di masing-masing browser.

Hasilnya, Skyfire Web Browser 4.0 memperoleh posisi tertinggi dengan skor 4,8 diantara browser2 lainnya.

Browser ini memperoleh skor 5 untuk kriteria kecepatan membuka aplikasi, skor 4 pada kecepatan membuka halaman, skor 5 untuk kemudahan penggunaan serta 5 pada tampilan antarmuka. Keseluruhan, penguji memberi skor 5 sehingga muncul angka rata-rata 4,8.

Keunggulan Skyfire adalah ketersediaan beberapa fitur yang sangat unik, seperti integrasi Facebook dan Twitter dan pengaturan halaman (tab) lebih mudah. Skyfire juga menyediakan cara termudah untuk beralih dari mode mobile ke desktop.

Adapun browser bawaan Android alias built-in hanya mendapat skor rata-rata 3,8. Namun penguji tetap memuji browser ini dengan menyebutnya sebagai browser kaya fitur dan mampu berfungsi secara baik. Salah satu yang dianggap berfungsi baik adalah mode incognito (menyamarkan halaman-halaman yang sudah dibuka).

Browser dari "luar" bisa jadi punya berbagai kelebihan dibanding browser bawaan dari smartphone Android sobat, namun tak semua ponsel bisa "compatible" dengan browser tersebut.

Seperti dijelaskan di atas, sobat boleh setuju boleh juga menolak, lalu membuat nilai sendiri dan menentukan mana yang paling asyik untuk berselancar dengan ponsel Android.

Hasil pengukuran browser Android
1. Skyfire Web Browser 4.0 (total: 4,8)
2. Firefox (total: 4,6)
3. Dolphin for Pad (total: 4,2)
4. Built-in Android browser (total: 3,8)
5. Opera Mobile (total: 3,6)

Semoga informasi tentang Browser Terbaik untuk Ponsel Android bermanfaat untukkalian sob..


Share:

1 comments