Cara Mengetahui Profil Facebook Palsu

Profil Facebook palsu ini biasanya dibuat dengan alasan intelejen (ingin memata-matai ), mengumpulkan data-data dari Facebook seseorang dengan maksud untuk menjebol akun.
Bahkan belakangan yang sering terjadi adalah pencurian chip poker, ada juga karena sekedar iseng untuk berbuat usil terhadap rekan-rekan terdekatnya, serta ada pula yang beralasan karena kurang pede (percaya diri) dengan penampilan sendiri sehingga pakai jalan pintas dengan memasang foto orang lain.

Banyak orang yang menggunakan Facebook sebagai media sosial untuk menjalin relasi, pertemanan, menjual produk atau jasa, dan bahkan untuk penipuan.

Jika sobat adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dengan Facebook, maka kalian juga harus betul-betul memanfaatkan Facebook sebagai jejaring sosial karena banyak juga pengguna FB (facebookers) yang hanya untuk iseng dan kamuflase belaka.

Jika ada seseorang yang tiba-tiba ingin menjalin pertemanan di Facebook dengan kalian dengan cara menambahkan sobat dalam daftar kontaknya, ada beberapa hal yang mesti sobat waspadai sebelum menerimanya sebagai teman, karena siapa tau orang tersebut hanya ingin mengorek informasi pribadi dari kalian, atau bahkan meng-hack akun Facebook kalian.

Beikut ini beberapa cara mengetahui Profil Facebook Palsu diantaranya adalah:


Foto

Foto yang terlalu sempurna justru biasanya mengindikasikan bahwa si pemilik akun tersebut menampilkan profil Facebook palsu. Baiknya diperiksa dengan detail foto-foto yang ada di albumnya. Jika banyak yang terlihat tanpa cela dan memiliki banyak variasi foto yang menampilkan figur orang lain, atau sebaliknya terlalu sedikit menampilkan foto pribadinya, sebaiknya sobat curiga.

http://2.bp.blogspot.com/-f5IGBBRa-wA/TxrT6lq-puI/AAAAAAAAF5o/QhrY_YNW3r4/s1600/profile+facebook+palsu.jpg


Profil 


Berhati-hatilah jika sebuah profil yang mendeskripsikan penggunanya sebagai orang yang memang benar-benar memenuhi kriteria sobat sebagai teman atau pasangan yang sempurna. Misalnya, pernah bersekolah di sekolah yang sama, memiliki hobi yang sama, dan lain sebagainya. Siapa tau ini hanya sebagai kamuflase saja sehingga ia dapat mengorek informasi lebih dalam melalui percakapan online di Facebook.


http://ciricara.com/wp-content/uploads/2012/02/a.gif


Jumlah Teman


Telitilah seberapa banyak teman Facebook yang dimilikinya. Jika temannya terlalu sedikit misalnya sebagai acuan rata-rata pemilik akun Facebook biasanya memiliki jumlah seratus teman atau bahkan lebih. Nah, jika jumlah temannya lebih rendah dari angka itu, mungkin saja pemilik akun Facebook tersebut hanyalah rekayasa.


Teman Sama


Sebelum melakukan persetujuan pertemanan, sebaiknya cek terlebih dahulu seberapa banyak mutual friends atau teman yang sama antara Anda dengan calon teman Facebook yang ingin menambah kalian dalam daftarnya. Hal ini juga bisa menjadi media identifikasi. Jika ia hanya memiliki sedikit teman yang sama, wajar jika kita harus waspada.


http://2.bp.blogspot.com/-f5IGBBRa-wA/TxrT6lq-puI/AAAAAAAAF5o/QhrY_YNW3r4/s1600/profile+facebook+palsu.jpg


Cari profil di Search Engine 


Jika dirasa perlu, sobat dapat juga gunakan mesin cari (Search Engine) untuk meneliti nama di profil Facebook tersebut sehingga kalian bisa mendapatkan informasi data diri calon teman soobat yang sebenarnya. Orang yang biasanya sering di dunia maya tanpa menutupi Indentitas biasanya di mesin pencari akan terindentifikasi.




Foto Keluarga


Cek kembali foto-fotonya. Orang yang benar-benar memasang profil asli biasanya mempunyai foto yang menampilkan diri mereka dengan teman, saudara dan keluarganya. Hal ini sangat wajar untuk dilakukan karena memang Facebook memiliki akses untuk memfilter profil orang-orang tertentu yang masih memiliki hubungan dekat untuk dimuat di kolom keluarga atau saudara.


Tag Foto


Pengguna Facebook dengan profil asli hampir selalu memiliki foto yang di-Tag oleh teman mereka. Sebaliknya, profil Facebook palsu lebih cenderung hanya menampilkan foto diri sendiri.





Share:

0 comments