Pasang Tombol Like Facebook di Blog

Postingan kali ini sebenarnya Kaka-jR ingin memperlanjut lebih dalam tentang aplikasi-aplikasi Facebook yang di terapkan di Blog. Nah, untuk postingan ini akan Kaka-jR share tentang Cara Mudah Memasang Tombol Widget Like Facebook Di Blog. Untuk memasang tombol facebook like, pertama yang harus dipikirkan adalah :

Dimana anda akan memasangnya? diatas postingan atau di bawah postingan?
hal lainnya yaitu apakah tombol tersebut akan muncul terus baik di halaman depan ( homepage) ataupun didalam postingan? atau hanya ingin muncul dihalaman depan saja (homepage)? atau mungkin anda hanya ingin tombol tersebut hanya muncul didalam posting saja?

Pada dasarnya, kode posting blogger adalah seperti ini :

<data:post.body/>

Logika sederhana, apabila anda ingin memasang tombol facebook like diatas posting, tinggal simpan saja diatas diatas kode yang tadi. Sebaliknya, jika anda ingin memasangnya di bawah postingan, tinggal disimpan dibawahnya saja. berikut ilustrasi dasarnya :

Agar tombol letaknya muncul diatas posting :


kode tombol facebook like disini >
<data:post.body/>


Agar tombol letaknya muncul dibawah posting :


<data:post.body/> 
kode tombol facebook like disini >


Agar tombol facebook like hanya muncul di halaman depan saja (homepage) :


<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> 
<data:post.body/> 
kode tombol facebook like disini > 
</b:if>


Agar tombol facebook like hanya muncul di halaman posting saja (single post) :


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> 
<data:post.body/>
kode tombol facebook like disini >
</b:if>

Diatas hanyalah sebagai ilustrasi  / rumusnyasaja. Berikut adalah cara sebenarnya untuk memasang tombol facebook like, namun sebagai contoh saja, Ganden akan mencontohkan untuk pemasangan di bawah posting dan akan muncul baik di homepage ataupun di single post.


1. Login ke blogger
2. Pilih Tata Letak --> Edit HTML
3. Beri tanda centang pada Expand Template Widget
4. Silahkan cari kode berikut pada template anda ( tips : gunakan fasilitas find pada browser anda agar lebih cepat dalam pencarian, tekan Ctrl+Funtuk mengaktifkan, lalu masukkan kode yg dicari). <data:post.body/>
5. Copy kode berikut, lalu paste dibawah kode yang tadi :

<iframe expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;action=like&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=450&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&quot;' allowTransparency='true' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:450px; height:25px;'/>


6. Simpan Template dan Selesai


Share:

4 comments